Friday 28 March 2014

Krai oh Krai

Di post gue mengenai pecel dan juga di post Mbak Endang di JTT mengenai sambel pecel beberapa kali tersebut kata "krai". Apakah itu?

Krai adalah sayuran sejenis mentimun. Menurut gue, bedanya krai sama mentimun adalah selain kulitnya yang beda motif, juga beda di aroma, rasa dan tekstur.

Bentuknya adalah seperti ini :
Sumber gambar : Antara Foto

Entah mengapa sayuran ini ga mengglobal. Padahal enak dan serbaguna. Selama gue melanglang buana ke Jakarta, ke rumah mertua di Cirebon, ga nemu pun sayuran ini.

Dulu semasa kecil, biasanya gue memakannya dengan cara menyerutnya kemudian menyiramnya dengan bumbu pecel. Dimakan pakai "opak upil", Hm,,,,yummy!! Bahkan waktu gue masih SD, ada yang jualan "pecel krai" ini di sekolah. Opak upil adalah kerupuk dari tepung kanji dengan bumbu bawang putih dan garam doang, trus digorengnya pakai pasir.

Ada cara makan pecel yang asyik. Berlaku untuk semua jenis pecel, baik pakai krai maupun pakai sayuran lainnya. Namanya "opak gapit".
Begini caranya : Siapkan bahan-bahan berupa 2 buah kerupuk, sayuran dan sambel pecel siap pakai. Taruh sayuran di atas salah satu kerupuk, siram dengan sambel dan tutup dengan kerupuk lagi. Yes, mirip burger. Trus, makan deh,,,, mak nyooosssss.... Ini jajanan gue waktu SD dulu :), favorit kedua setelah "karak goreng".

Selain dimakan dengan cara seperti di atas. Biasanya ibuk mengolahnya menjadi berbagai macam masakan. Seperti : Tumis Krai, Jangan Krai (Sayuh lodeh), Sayur Asem Krai, Kulup Krai (kulup adalah sebutan sayuran yang telah dimasak, bisa untuk pecel atau untuk urap2), dan yang paling markotop biasanya adalah Krai Godog (krai direbus sampai lunak, gitu aja. Trus bisa dimakan gitu aja atau dicocol pakai sambel pecel). :)

Semasa gue kecil krai ini dipercaya bisa jadi penambah tekanan darah, berkebalikan dengan mentimun yang terkenal dengan khasiatnya menurunkan tekanan darah. Fakta atau mitos tuh? Gue ga tau,,hahaha. :D.

Demikian sekilas inpoh mengenai Krai. Mungkin di daerah lain namanya bukan Krai ya, nah, kalo ada yang punya inpoh mengenai adanya Krai ini di Jakarta dan sekitarnya, kasitau yak,,,supaya kalo kangen ga perlu jauh2 impor dari Jawa Timur,,hehe.

No comments:

Post a Comment