Friday 9 May 2014

Membatalkan Tiket Perjalanan dengan Kereta Api

Kemaren gue dan suami gue melakukan proses pembatalan tiket kereta api. Hal ini dikarenakan kami sudah mendapatkan tiket perjalanan langsung dari Madiun ke Jakarta. Jadi kami ga jadi tuh balik dari lebaran nanti muter-muter dulu lewat Bandung, padahal tujuannya ke Jakarta dan kami berangkat dari Madiun.

Ada yang mau batalin tiket juga?

Mungkin cerita kami bisa membantu.

Lets start...

Sebelum berangkat. Siapkan bukti pembelian tiket yang di print dari email. Langkah ini tidak berlaku kalau tiket udah dicetak, atau sudah berbentuk tiket.

Kedua, siapkan fotokopi KTP atau kartu identitas lain sesuai yang tertera di tiket.

Ketiga, siapkan nomor rekening bank, buat nanti masuknya uang hasil pembatalan. Bisa juga sih tunai,,ga perlu pakai nomor rekening. Tapi kalo tunai berarti nanti ada proses pengambilan uang ke stasiun.

Kalo udah siap semua. Berangkatlah ke ...
Ih bukaaaaaaannn..ngapain juga ke istana kepresidenan. Bukan ke sana! Tapi ke ...
Ihhh,,bukan ke ATM jugaaaaaaa...ya ampuuunnn...>,<
Haish,,malah ke mesin penjual minuman,,,Bukaaannn...tapi ke sini nih :

Stasiun kereta api! Kami sih ke Gambir. Disana pertama-tama kami mencetal tiket dulu. Pakai mesin pencetak tiket mandiri. Disana ada layar kayak gini. Kita tinggal masukkin kode booking dan no tanda pengenal. Trus cetak deh tiketnya... Tapi antri juga buuuu....

Setelah tiket berhasil dicetak. Kami menuju ke LOKET 12, tempat mengambil FORMULIR PEMBATALAN dan juga pemrosesannya. Antri lagiiiiiii...
Guenya sih ga antri,,gue duduk di sini :
Bukan di dalemnya,,tapi di kursi itu tuuhhh,,yang item-item :P

Trus diisi tuh formulir pembatalan. Saran gue sih, bawa pulpen, biarpun disana ada pulpen sih,,tapi kan klo rame harus antri makai pulpen pun. Secara pas cetak tiket antri, isi form antri, mau masukkin form antri juga. Bisa irit waktu antri kan kalo kita bawa pulpen sendiri.

Kalo udah, lampirkan fotokopi tanda pengenal dan tiket yang akan dibatalkan. Kemudian serahkan pada petugas di loket 12. Ga usah bingung-bingung, di sana ada petugas yang akan membantu jika ada yang ditanyakan. Petugasnya mondar-mandir di situ kok,,,. Ini penampakannya :



Iya bener,,itu orangnya yang pakai baju seragam warna biru.

Setelah diserahkan ke petugas loket 12, pembatalan akan diproses dan kita akan diberi bukti pembatalan. Untuk nantinya buat ngambil duit.
 Disitu ada tulisannya kalo proses akan memakan waktu sekitar 30-45 hari. So kita harus sabar...

Proses selesai. Kamipun pulang,,,eh,,beli minuman ding!

NB : itu jaket yang ada tulisannya istana kepresidenan itu gue foto di punggungnya bapak-bapak yang duduk di belakang gue di kursi tunggu. Hehe. Halo, pak! :)

No comments:

Post a Comment