Tuesday 25 March 2014

Resep Semur Tahu Tempe Telur *Eaaaaaa

Sekitar seminggu yang lalu gue masak semur pagi-pagi. Saking banyaknya, akhirnya gue bawa sebagian ke kantor. Temen-temen gue suruh nyicip. Katanya enak. Horeeeeeeeeeeeeeee.....#girang

Sayangnya gue lupa moto..T.T

Beberapa temen nanya resepnya. Dan daripada resepnya ngendon di kompi gue, jadi gue share aja disini yak, siapa tau ada yang tertarik mencoba,,,

Fyi, ada yang udah nyobain lhoooo..Yyyeeeyy!!!! *gitu aja heboh...

Dan ini dia resep semur ala ane :


Bahan :
·         Tahu goring (biasa beli yang udah digoreng)
·         Tempe (potong2 sesuai selera, goregn setengah mateng).
·         Telur rebus

Bumbu :
·         Bawang merah
·         Bawang Putih
·         Ketumbar
·         Lada
·         Kemiri
·         Cengkeh
·         Jintan
·         Kayu Manis (bubuk bisa, batang juga bisa)
·         Lengkuas, geprek
·         Daun salam
·         Gula merah (ga wajib, boleh diganti gula pasir)
·         Garam
·         Kecap
*tambahkan biji pala jika isi semurnya ada dagingnya.

Cara membuat :
  1. Haluskan semua bumbu kecuali : lengkuas, kayu manis, daun salam dan cengkeh.
  2. Tumis semua bumbu sampai harum dan kira2 matang.
  3. Tuangi air. Didihkan. (Biasanya gue airnya banyak2,hehe. 
  4. Masukkan bahan isi, gula dan garam. Didihkan. 
  5. Masukkan kecap sesuai selera (semakin banyak semakin pekat warna dan kekentalannya). Didihkan sampai air kental dan jumlah kuah sesuai keinginan. (Jangan lupa diicip2, trus tambahin gula, garam atau kecap jika kurang, trus bias ditinggal mandi, sholat, dsb).
 Selamat mencobaaaaaaaaaaaa....

No comments:

Post a Comment