Thursday 4 September 2014

Sebelum Seperti Sekarang Ini (obat darah tinggi)

Sewaktu saya masih kecil (ya ga kecil-kecil amat sih), bapak saya punya penyakit darah tinggi. Kalo lagi kambuh, alias tekanan darahnya lagi tinggi, biasanya keluhannya sakit kepala, keliyengan. Bapak jadi mirip-mirip Wiro Sableng, pake ikat kepala gitu.

Biasanya kalo lagi kambuh gitu, ibuku bikin ramuan obatnya. Bikin sendiri pakai alat-alat yang ada di rumah. Bahannya pun yang ada di sekitar rumah. Tapi seingatku cuman 3 jenis ini sih waktu itu. Waktu jaman belum banyak obat herbal beredar seperti sekarang.

Saya share ya ramuan ibuku ini,, Let's go..

Jus Mentimun
Mentimun dicuci bersih, dipotong2 lalu diparut (iya, soalnya jaman itu listrik belum masuk desaku, apalagi blender XD). Terus diperas airnya untuk diminum. Sehari 3x.

Jus Seledri
Kalo bukan mentimun, biasanya ibuku membuat jus seledri. Baunya deuh, seledri banget,, (ya iyalaahhh). Kadang juga gak dijus sih, tapi direbus. Jadi yang diminum air rebusannya itu.

Rebusan Ciplukan
Nah kalo ciplukan ini, ini direbus sepohon-pohonnya. Rebus semua bagian tumbuhan ini sampai airnya tersisa setengahnya. Trus diminum sama bapakku deh. Kalo aku, kalo ada buahnya yang sudah tua dan matang, aku comot dulu, aku makan,,hap!! Haha..kan emang rasanya manis-manis asem,,

Ciplukan ini dulu ada ceritanya. Konon katanya, ciplukan ini tumbuhnya dari tahi manusia. Terus kalo kita makan ciplukan, nanti tahi kita juga akan tumbuh menjadi pohon ciplukan generasi berikutnya. Hahahahaha. Jorok sekali ya cerita masa kecil aku itu.

Bagi yang mengalami keluhan darah tinggi, mungkin resep di atas bisa dicoba. Untuk takaran saya kurang tau karena memang ibu saya juga ga pakai takaran pasti sih :)
Mungkin mbah gugel tau takarannya, silahkan browsing...

*semua gambar diambil dari google


No comments:

Post a Comment