Wednesday 3 September 2014

Drug Misuse - Semacam Salah Gaul

Saya punya kenalan baru, sebut saja dia Bunga, bukan nama sebenarnya. Suatu hari saya ngobrol dengan Bunga, dan saat itu dia mengeluh ga enak badan. Saya menyarankan dia untuk minum tolak angin, karena gejala yang dia sebutkan mengindikasikan masuk angin. Kebetulan saya waktu itu punya stok tolak angin, saya kasih satu bungkus ke Bunga.
gambar dari google
Bunga bilang dia ga berani minum tolak anginnya, soalnya dia baru saja minum obatnya. Karena saya tau Bunga ini tidak sedang menderita suatu sakit, saya pun kaget dan bertanya, obat apakah yang diminumnya. Kira-kira begini percakapan kami :

Bunga = B, Saya = S

B : Saya ga beranilah minum tolak angin itu sekarang, soalnya saya habis minum obat saya.
S : Hah? Obat? Obat apaan? Emangnya kamu sakit?
B : Enggak. Ini cuman obat yang biasa saya minum. Supaya badan saya enak, rasanya di badan enak, tidur juga enak. Nafsu makan enak dan jadi cepat gemuk.
S : Hah???? Obat apaan? Sini aku lihat..
B : Pronicy sama Dexamethason. Udah lama kali saya minum ini.
(sambil ngasih lihat dua strip tablet yang dia sebutkan)

S : Wow. Siapa yang ngeresepin ini buat kamu? Trus kalo kamu gak minum obat ini rasanya gimana?
B : Dulu mertua saya yang ngasihtau (catatan : mertuanya bukan dokter atau tenaga medis). Kalo ga minum obat itu saya ga bisa tidur. Badan pun rasanya cepat capek.
Dulu mertua saya itu kurus banget, jelek. Trus suaminya kawin lagi. Trus dia minum obat-obat ini, jadinya dia gemuk, cantik.

S : Emang ga bahaya? Ya ampuuunnn...
B : Biasa saya minum udah lama ga apa-apa,,,
S : ...... (Speechless gue.....).
gambar dari google
Lalu saya browsing-browsing. Tahulah saya kalo ada istilah drug misuse, yaitu pengguna salahan obat, berbeda dengan drug abuse yaitu penyalah gunaan obat. Drug misuse merujuk pada penggunaan obat secara tidak tepat, yang biasanya disebabkan ketidaktahuan pengguna akan obat tersebut.

Contohnya si Bunga, setau dia Pronicy dan Dexamethason ini gunanya untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan kualitas tidur, membantu menaikkan berat badan dan menjaga kesehatan. Padahal sesungguhnya Pronicy adalah anti histamin dan anti serotonin. Lengkapnya lihat di sini. Sedangkan Dexamethason adalah obat alergi. Lengkapnya lihat di sini.
gambar dari google
Saya tidak tahu dalam jangka panjang efeknya apa. Tetapi saya yakin, obat-obatan kimia yang dikonsumsi dalam jangka panjang, apalagi tanpa indikasi penyakit yang benar akan berakibat TIDAK BAIK untuk apapun dan siapapun. So teman-teman, hati-hati ya konsumsi obat, dibaca dulu itu obat apa, gunanya untuk apa dan bagaimana penggunaannya. Jangan sampai kita menyesal ketika sudah terlambat.

2 comments:

  1. Wah..sip mbak..dulu aku waktu kecil pernah tu,,dikasih kayak gitu. Gara2 badanku kurus g mau gedhe. Dan namanya orang tua,,saking sayangnya belilah obat buat gemukin badan dinapotik. Dari san pa bapak dikasih vit sama dexamethasone juga..bener bisa agak gemuk sih....untung bisa cepet berhenti karena harus minum obat rutin buat flek paru...
    Dan setelah aku kuliah,,baru tahu dari dosenku kalau dexamethasone dalam jangka panjang itu bisa meningkatkan potensi diabetes mellitus. Makanya orang yang kena gula itu g boleh di kasih obat itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh gitu ya dek,,jadi di masyarakat emang sudah meluas penyakit drug misuse inih. Aku malah baru tau pas ketemu kenalanku ini. Kita memang harus hati-hati ya dalam bergaul *eh,,, :D

      Delete