Wednesday 3 September 2014

The Lovely Kepala Ayam

Makanan favorit Inas ada beberapa, diantaranya ayam goreng tepung, nasi goreng. Tapiii,,makanan favorit peringkat pertama Inas adalah Sop Kepala Ayam. Iya benar, kepalanya ayam. Hehe. Sebetulnya awalnya Inas suka banget sop ceker ayam, tapi sebagai ibu yang menyuapi, akan lebih mudah nithili (halah bahasane...) ngambilin daging kepala ayam daripada daging di ceker ayam.. So, saya siasati mengganti ceker itu dengan kepala. Alhasil Inas jadi suka Sop Kepala Ayam ala Bunda. :)

Berbeda dengan Inas, suamiku juga suka makan kepala ayam, tapiii,,,suamiku lebih suka ketika kepala ayam itu sudah menjadi Kepala Ayam Goreng Kering,, kepala ayam yang digoreng kering. Hmm,,,memang enak tuh kalo disandingkan dengan nasi putih hangat dan sambel bawang.

Resepnya? Hm...insyaallah di post berikutnya ya, kalau saya sudah sempat foto-foto step by stepnya :)

Saya sendiri adalah pecinta kepala ayam kuah. Mau disop atau diopor, kepala ayam tetap bagian favorit saya. Apalagi kalo merebusnya sampai benar-benar bisa mruthul (hayyaah bahasanyaa....) maksudnya bisa sampai lepas sendiri tulang-tulangnya,,deuh itu bikin perut lupa penuh...

Karena itulah, saya biasanya nyetok kepala ayam. Hehe. Jadi setelah dibersihkan dan direbus sebentar, kepala ayam saya masukkan plastik-plastik dalam takaran sekali masak. Kemudian disimpan di freezer menunggu saat-saat dimasak. :)

So, siapa di sini yang suka kepala ayam? Welcome to the club!! >,<

No comments:

Post a Comment