Friday 29 November 2013

Membuat Tugas Kuliah

Sebelum gue dinyatakan lulus menjadi sarjana, universitas mewajibkan gue (dan teman-teman gue yang lain) untuk membuat karya tulis yang biasa disebut dengan karil (atau singkatan dari karya ilmiah).

Kampus memberikan gue seorang dosen pembimbing yang bernama Pak A (yang baik hati dan tidak sombong), yang sayangnya dia hampir selalu sibuk. Haha

Di awal pembimbingan, Pak A meminta kami menulis apa saja, pkoknya memulai menulis, dan kalau bisa yang memang kami pahami benar. Contohnya yang kita kerjakan sehari-hari. Yeah rigth, menghubungkan teori kuliah dengan pekerjaan kami sehari-hari. Sehingga apa? Sehingga kami ga perlu kesulitan mencari data dan informasi.

Dan gue dengan songongnya malah memilih topik lain yang bukan kerjaan gue tapi gue pikir itu keren banget. Yang padahal ketika gue gugling ternyata topik itu adalah sudah dibahas oleh trilyunan orang (agak lebay dikit sih ituh jumlahnya,,haha).

Dan gue memaksakan teori dengan topik gue itu. Maksa banget sehingga ketika sudah gue kirimkan ke Pak A by email, Pak A banyak sekali mencorat-coret,,,Hahahahaha
Banyak sekali koreksi dan padahal cukup gue baca koreksinya yang pertama gue udah kehilangan semangat buat merevisi. :D

Jadi gue membahas teori manajemen SDM dengan memaksanya dijodohkan dengan MLM Tupperware. :D dan Pak A memberikan koreksi pertamanya sebagai berikut :

"Belum anda bahas mengenai pengelolaan SDM nya sendiri, penilaian kinerja yang didasarkan pada hasil, hanya seputaran MLM Tupperware saja yang anda kupas. Jadi lebih condong pada proposal penjualan Tupperware, buka sebagai sebuah karya ilmiah."

Mak jleb. >,<

Dan kalimat itu sudah cukup buat gue untuk pusing dan langsung tidur siang di kantor. Frustasi.

Kemudian gue bangkit lagi, karena ingat bahwa masih ada waktu 3 hari buat gue untuk tidak menyerah. Maksudnya ini baru H-3 dadi deadline penyerahan karil.

Ya sudah, gue menyesal dan mencoba memperbaiki keadaan. Gue mulai nulis lagi dari 0. Yeah, gue mulai menulis lagi, dari awal dengan topik yang baru yang merupakan pekerjaan gue sehari-hari. Yeah, gue mulai menuruti kata-kata Pak A.

Dan....
Voila! Dalam waktu satu malam saja selesailah tugas karya tulis gue.

Dan...ketika gue kirimkan ke Pak A, sampai 2 hari kemudian Pak A ga membalasnya,,baik email maupun SMS gue..

T.T udah deadline ini Pakkkkkkkkkk....

Kemudian gue mulai berdoa dengan sungguh-sungguh.
Dan Allah memang Maha Baik,,deadline diperpanjang seminggu. Yey!!!

Dan akhirnya H-3 (lagi) Pak A merevisi karil gue, dan you know,,,cuman satu koreksinya. Ada satu daftar pustaka yang gue lupa cantumin. 

Yups, kamu benar. Akhirnya gue selamat,,dan kemudian sekarang menunggu pengumuman kelulusan gue.
Doakan gue lulus semester ini ya, teman-teman. Amiiin

Pesan Moral :
 Dalam membuat tugas kuliah, jangan sotoy, ikutin kata dosen dan satu hal, JANGAN PANTANG MENYERAH, Tuhan bersama kita!
Semangat!

No comments:

Post a Comment